Oktober 04, 2016

Keunggulan dan Kelemahan Menggunakan HTTPS di Blogspot

perbedaan http dan https, keunggulan https, kelemahan kekurangan https, keunggulan http, blogger pake https

LEHO-ALAY ~ Ada sebuah pengaturan di blogspot di mana dengan pengaturan tersebut maka halaman blog bisa diakses menjadi https. Hm.. sebenarnya aku sendiri tak begitu tahu apa efeknya dan sebesar apakah keuntungan blogku jika blog diatur menjadi https.

HTTPS lebih aman

Beberapa blog mengulas tentang kelebihan situs web blog yang memakai https. Bahwa weblog dengan https lebih aman dibandingkan weblog http. Salah satunya aman dari praktek orang-orang yang tidak bertanggungjawab. Di antara banyak yang mengulas https itu membahas tentang keamanan login menyangkut username dan password saat login. Disebutkan bahwa https akan melakukan enskipsi terlebih dahulu, sehingga orang yang tidak bertanggungjawab tersebut akan sulit mendapatkan data penting kita.

Namun jika berkaitan dengan blogspot, apa pentingnya? Sebab dibagian halaman blog mana yang memerlukan login? Perasaan tidak ada. Nah ini yang belum aku cari tahu pasti.

HTTPS lebih seo friendly

Ada juga yang menyebutkan juga bahwa weblog yang ber-https memiliki daya saing seo yang lebih baik ketimbang weblog http. Disebutkan dengan langkah security yang lebih baik sehingga algoritma pencarian Google lebih memilih blog relevan yang ber-https.

Dampak buruk https

Sudah jelas bahwa http dan https adalah sesuatu yang berbeda. Sehingga perbedaan itu memiliki dampak terhadap blog yang beralih dari http ke https. Apa saja dampak yang ditimbukan https?

Seo blog jadi turun

Peralihan dari http menjadi https tentu saja berakibat adanya halaman ganda. Di mana yang satu beralamat http, sedangkan yang satunya lagi beralamat https. Halaman baru tentu akan memiliki penilaian yang baru lagi tentang konten tersebut. Sehingga peralihan dari http ke httpa nyatalah membuat seo blog jadi menurun.

Isi halaman yang ganda

Sebuah isi suatu posting yang bisa diakses dengan dua halaman berbeda bisa menyebabkan mesin pencarian mengganggap itu sebuah duplicate content. Walaupun pada akhirnya halaman https yang digunakan, tetapi halaman sebelumnya akan terus diakses Google. Terkecuali melakukan pengaturan khusus di robots.txt

URL dan permalink https kurang familiar

Suatu laman di internet dengan https sangat sedikit orang yang memahaminya. Para pencari informasi di dunia maya tidak mau tahu apakah laman yang dikunjunginya ber-http atau ber-https, yang penting adalah informasi yang diperlukannya terpenuhi. Https masih kurang familiar, sehingga jarang ditemukan periklanan yang menautkan suatu alamat website dengan awalan https://.

3 komentar:

  1. Blog ini menggunakan https, tapi ko tidak ada tanda safe nya ya?? (gembok ijo). Kayaknya perlu diperiksa lagi elemen dari template yang digunakan.

    BalasHapus
  2. Duplikat konten yg d maksud d atas bisa berpengaruh gk ya pada seo blog????

    BalasHapus
  3. Peralihan akan terjadi diatas kalau asal-asalan ngalihinnya.

    BalasHapus

Mohon untuk tidak menuliskan link di dalam komentar