September 16, 2016

Selamat Tinggal Coema Wapsite

Inilah barang kali salah satu bentuk kekhawatiran webmaster yang memanfaatkan hosting gratisan. Di mana pada suatu waktu pemilik hosting bisa merubah haluan tujuan hostingnya. Sedang webmaster tidak memiliki daya apa pun untuk merubah pendirian pemilik hosting, meskipun feedback tersedia. Alhasil blog yang telah lama diurus jadi lenyap tak bersisa.

Coema Wapsite merupakan sebuah blog sederhana yang aku buat dalam rangka mempelajari kode PHP dan MySQL setelah mengalami kebosanan blogging di mwb dan xtgem. Blog yang aku rangkai dari hasil comot kode sana-sini yang sekiranya sesuai yang aku harapkan. Di mana alamat subdomainnya adalah coemawapsite.me-7.com, merupakan bagian dari webhosting hosku.com.

Aku memilih subdomain me-7.com karena subdomain tersebut bagiku relatif menarik, jika dibandingkan dengan subdomain lainnya seperti hosku.com, djagal.com, id9.us, dll.

Di awal-awal pembuatan blog, Coema Wapsite pernah mengalami masalah, tiba-tiba laman website tidak bisa dibuka. Seperti terkena suspend. Namun setelah mengirimkan sebuah feedback, blog Coema Wapsite bisa beroperasi lagi sampai akhirnya kemarin benar-benar berhenti beroperasi sejak pemilik hosting sepertinya akan menyudahi webhosting untuk subdomain me-7.com.

Satu masalah lain yang aku alami adalah pembuatan RSS feed yang tidak pernah berhasil. Selalu tidak bisa terkoneksi kepada server. Bukan karena aku salah melakukan koding, namun ini karena masalah hostingnya sendiri. Jadi tidak hanya subdomain me-7.com bahkan hosku.com, djagal.com, id9.us, serta hosting internasional yang memiliki control panel sama seperti byet.host

Ah, hosting gratis memang tidak bisa benar-benar dipercaya. Bagaimana pun pemilik harus mendapatkan dana dari kegiatannya menyediakan hosting, tetapi ketika hosting gratis yang disediakan dan member benar-benar memanfaatkan gratisnya saja tanpa ada maksud mengupgrade, maka tiada dana yang pemilik dapatkan. Cepat atau lambat hosting tersebut akan gulung tikar.

me-7.com sendiri sebenarnya diperkenalkan oleh hosku.com sekitar Nopember 2015. Artinya belum setahun usianya, sudah berhenti beoperasi.

Bagaimana pun, aku harus ucapkan terima kasih kepada hosku.com yang telah menyediakan space untukku. Selamat tinggal Coema Wapsite.